Sabtu, 24 Desember 2011

contoh resensi: Menikmati Indahnya Hidup


Menikmati Indahnya Hidup
Judul buku      : Mengatasi Ketegangan Bersama Grete Waitz         
Penulis             : Grete Waitz, Sigmund Stromme, dan Willi S.Railo
            Penerbit           : Angkasa, Bandung
            Tahun terbit     : 1984 
Cetakan ke      : 2       
Tebal buku      : vii + 154 halaman     
Jenis buku       : Non fiksi
             Grete Waitz adalah seorang pelari wanita kelas dunia yang terkemuka. Ia telah memenangkan lomba lari New York Marathon empat kali dalam lima tahun terakhir. Ia adalah sang juara baik dalam lomba lari maupun dalam perlombaan kehidupan, ia memancarkan kebulatan tekad dan kepercayaan diri. Dengan penuh semangat, ia dapat mempertahankan kondisi tubuhnya dan selalu mempunyai tenaga tambahan yang mendorongnya ke arah kemenangan. Ia menguasai suatu program yang membebaskan pikiran dan tubuhnya dari sumber penyakit dan kekalahan yang paling umum, yaitu stress.
            Dalam bukunya Conquer Stress with Grete Waitz (Mengatasi Ketegangan bersama Grete Waitz) Grete Weitz menyajikan cara hidupnya yang membawanya kepada kemenangan. Strategi yang mendorongnya menjadi juara bisa juga digunakan untuk melawan cengkraman stress yang mencekik di rumah, dalam pekerjaan atau dalam masalah kehidupan.
            Stress yang merusak telah menjadi suatu kenyataan pada kehidupan sehari-hari, bagi hampir semua orang. Penyakit yang berhubungan dengan stress yang melemahkan manusia makin meningkat dan bersama dengan itu kebutuhan untuk mengendalikan dan menghilangkan stress membebani secara berlebihan. Dalam dunia yang sangat sibuk dan serba cepat ini, mengalahkan stress bisa membuat perbedaan antara sukses dan kegagalan atau antara kebahagiaan dan ketidakpuasan.  
            Stress adalah suatu hal yang normal bahkan dalam beberapa kasus perlu. Reaksi stress adalah suatu tanda terhadap bahaya dan memberikan kita suatu mekanisme untuk tetap hidup dan bertahan. Otak manusia adalah suatu alat yang fantastik. Ia bahkan, membuat komputer yang paling modern seperti mesin – mesin hitung yang paling sederhana. Otak pun memungkinkan merubah hidup anda secara dramatis dengan membantu mengurangi tingkat stress dalam hidup anda dan mengembangkan diri anda sendiri. Inti program melawan stress ini adalah pengulangan dari latihan verbal (dengan kata-kata) yang disebut Rangkaian Latihan. Rangkaian Latihan Khusus dapat mengatasi kegemukan, alkohol, penggunaan obat penenang, dan merokok. Kegiatan yang meringankan ketegangan diberikan untuk menggantikan kegiatan yang tak sehat. Grete memberikan suatu bagian latihan yang menyeluruh, dengan tiap latihan terbagi dalam tahap-tahap seperti pemanasan , kegiatan, dan penenangan kembali. Latihan relaksasi dimasukkan sebagai bagian dari tiap rangkaian.  
            Dalam buku ini juga dicantumkan suatu program lari yang lengkap memfokuskan pada pengenduran otot-otot, menghindarkan rasa sakit dan nyeri dan menambah jarak yang ditempuh. Dalam suatu bagian yang seluruhnya diperuntukkan bagi lari jarak jauh yang bersifat perlombaan, penulis menerangkan berbagai cara latihan, membahas makanan-makanan yang diperlukan, bagaimana cara berpakaian, serta memberikan nasihat yang penting tentang bagaimana caranya memenangkan perlombaan lari. “Tiap perlombaan lari memerlukan persiapan. Selama pertandingan, tuntutan terhadap tubuh adalah besar dan hanya bisa dipenuh bila telah mengikuti program latihan yang terancang baik dan sadar akan reaksi tubuh terhadap tekanan fisik yang hebat dan faktor-faktor luar seperti panas dan dingin yang luar biasa.”(hal.129). Dicantumkan juga aturan hidup yang khusus dirancang untuk mengurangi berat dan menambah kelenturan bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun dan bagi mereka yang mempunyai problem jantung dan pembuluh darah.
            Meskipun buku ini merupakan buku terjemahan namun bahasanya mudah dipahami dan cara penyajiannya menarik. Membaca buku ini akan membuat kita tertarik dan menjadi ingin tahu bagaimana kelanjutan isi buku tersebut. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung dan memperjelas isi buku. Namun cover yang digunakan buku ini kurang menarik sehingga mengurangi minat untuk membaca buku tersebut karena pada dasarnya kebanyakan orang tertarik terhadap suatu buku itu dari covernya terlebih dahulu.
            Ditulis dalam 9 bab utama, buku ini mengungkapkan cara-cara mengatasi stress, cara hidup sehat, dan langkah-langkah menjadi seorang atlet lari yang mampu meraih prestasi yang spektakuler. Buku ini baik dibaca oleh semua kalangan baik oleh pelajar, pengusaha, guru, dan pihak-pihak lainnya karena pada dasarnya hampir setiap orang pernah mengalami stress hanya mungkin tingkat berat ringannya yang berbeda. Selamat membaca buku ini dan mari nikmati hidup dengan bebaskan diri dari stress.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar