Sabtu, 24 Desember 2011

Serba Serbi Ipad


PENDAHULUAN
I.       LATAR BELAKANG
iPad telah menjadi suatu fenomena yang berkembang di masyarakat modern saat ini. iPad menjadi pilihan masyarakat karena teknologi tersebut hadir dengan segala kelebihannya dibandingkan dengan gadget-gadget sebelumya. Masyarakat, terutama masyarakat kelas atas mulai menjadikan iPad sebagai perangkat sehari-hari, mendampingi dalam setiap aktivitas. Dampaknya adalah mulai tergesernya teknologi-teknologi yang lain. Sifat dasar manusia yang tidak pernah merasa puas menjadikan masyarakat ingin terus menyempurnakan kehidupan dengan memiliki gadget-gadget baru yang semakin canggih dari tahun ke tahun. Didukung dengan bentuk fisiknya yang menarik, berupa layar setebal 10 inchi tanpa tombol apapun, tetapi dengan sistem touchscreen, serta berbagai fitur menarik yang merupakan gabungan dari beberapa perangkat teknologi seperti handphone, televise, dan laptop, menjadikan iPad sebagai gadget yang menemani aktivitas masyarakat. Dalam makalah ini selain mengungkapkan kelebihan dan kekurangan iPad, namun juga menguraikan tentang apa itu sebenarnya iPad, aplikasi-aplikasi di dalamnya, serta perkembangannya di dalam masyarakat itu, yang diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang gadget modern ini.
II.    TUJUAN
1.      Untuk menginformasikan tentang iPad dan berbagai aplikasinya
2.      Untuk menginformasikan kelebihan dan kelemahan iPad
3.      Untuk menginformasikan tentang penggunaan iPad di masyarakat





ISI
A.    Mengenal iPad
iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X (versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh). Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.
Tablet komputer pertama Apple adalah Newton MessagePad 100, yang pertama kali diperkenalkan tahun 1993. Apple juga meluncurkan prototype tablet berbasis PowerBook Duo, PenLite, namun memutuskan untuk tidak menjualnya karena khawatir akan mengurangi penjualan MessagePad. Setelah itu Apple kembali meluncurkan beberapa PDA berbasis Newton yang terakhir, MessagePad 2100, dihentikan produksinya pada tahun 1998.
Apple kembali masuk ke pasar mobile-computing pada tahun 2007 melalui iPhone. Lebih kecil dari iPad, namun memiliki kamera dan berfungsi sebagai telepon genggam. iPhone menjadi pionir dari penggunaan antarmuka multisentuh pada iOS, sistem operasi mobile milik Apple. Pada akhir tahun 2009, rumor peluncuran iPad mengemuka. Spekulasi tentang nama produk ini bermunculan, termasuk di antaranya iTablet dan iSlate. IPad akhirnya diluncurkan pada tanggal 27 Januari 2010 oleh Steve Jobs di Yerba Buena Center for the Arts, San Francisco.
Jobs kemudian mengatakan bahwa Apple telah mengembangkan iPad sebelum iPhone, namun menghentikan pengembangannya sementara karena ide itu dianggap lebih cocok digunakan untuk telepon genggam. Di lingkungan internal Apple, iPad dikenal dengan nama sandi K48.
iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Apple Inc. mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS) mulai 3 April 2010 dengan kisaran harga mulai dari 499 Dolar Amerika Serikat (USD) hingga 829 USD. Namun warga AS sudah dapat memesan produk ini mulai tanggal 12 Maret 2010 melalui Apple Online Store.
1stGen-iPad-HomeScreen.jpg
iPad

B.     Aplikasi – aplikasi iPad
Di dalam iPad, selain fitur umum seperti home screen, contact (kontak), kalender dan catatan terdapat juga sejumlah aplikasi-aplikasi seperti:
1.      Safari: merupakan penjelajah web yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs internet, seperti Google, Yahoo, Myspace, Flickr, Apple atau situs jejaring sosial seperti Friendster, Twitter, Facebook dan Plurk.
safari_hands_20100127.jpg
   Safari

2.      Mail: merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat surat elektronik (email) dan fitur ini dapat bekerja dengan hampir semua provider terkemuka seperti Yahoo! Mail, Gmail, atau Windows Live Hotmail.



Mail-iPhone.jpg
    Mail

3.      iTunes: merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjelajah dan mengunduh musik, tayangan televisi, video maupun podcasts melalui iTunes Store. Aplikasi iTunes yang ada di dalam iPad dapat disinkronisasikan dengan iTunes yang ada pada MacBook ataupun komputer yang dimiliki pengguna.
itunes.jpg
      iTunes

4.      iPod: merupakan aplikasi yang mampu mengorganisasi dan memutar musik, sama seperti yang terdapat pada produk Apple yang lain seperti iPod ataupun iPhone.

5.      Photo: sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengorganisasi dan melihat foto. Pengguna tidak hanya bisa melihat foto berdasarkan tanggal dan acaranya, tetapi juga berdasarkan wajah ataupun tempat dimana foto tersebut diambil. Pengguna juga dapat menyinkronisasikan foto ke dalam iPad dari Mac atau komputer melalui iTunes ataupun memindahkan foto dari kamera digital ke iPad melalui iPad camera connection kit.

6.      Video: aplikasi yang digunakan untuk menonton berbagai jenis video, mulai dari film dengan kualitas High Definition (HD), podcast, acara TV sampai musik video dimana saja walaupun pengguna sedang berada di dalam pesawat sekalipun.

video.png
   Video

7.      App Store: digunakan untuk mengunduh aplikasi yang jumlahnya mencapai hampir 150.000. App Store menyediakan aplikasi untuk produk-produk buatan Apple dengan beragam kategori, mulai dari permainan, gaya hidup, pendidikan dan lain sebagainya. Aplikasi yang terdapat di dalam App Store dapat diunduh secara gratis oleh pengguna namun ada juga yang dikenakan sejumlah biaya.
app sotore.jpg
App Store

8.      Youtube: aplikasi ini dapat digunakan untuk memudahkan pengguna melihat berbagai macam jenis video yang ada dalam Youtube tanpa perlu mengakses situsnya.

9.      iBooks: sebuah aplikasi yang digunakan tidak hanya untuk membaca saja, tetapi juga menjelajah dan membeli buku-buku berformat digital (e-books) dari iBookstore. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store secara gratis, namun sayangnya aplikasi ini baru tersedia di AS saja.
ibook.jpg
                iBooks

10.  iWork: aplikasi yang juga terdapat pada Mac, yang terdiri dari Keynote, Pages dan Numbers. Aplikasi ini dapat membantu pengguna membuat presentasi, dokumen, maupun spreadsheet.
iWork.jpg
iWork

11.  Maps: aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat peta dari atas dengan resolusi tinggi melalui pencitraan satelit. Selain melihat peta, pengguna juga bisa mencari lokasi tempat atau rute dari satu tempat ke tempat lain.
Maps.jpg
Maps

C.    Perkembangan iPad dalam Masyarakat
Di awal tahun 2000 ini, iPad hadir sebagai sebuah kategori baru dalam ranah teknologi komunikasi yang modern. iPad dikembangkan oleh Apple sebagai sarana komunikasi yang memudahkan individu untuk berselancar di dunia maya, membaca buku, mengirim surat elektronik (email), menonton film dan bermain games. Konsep yang dikeluarkan oleh iPad dapat dikategorikan sangat lengkap karena memadukan fungsi televisi, laptop sekaligus telepon genggam (handphone). Dengan iPad tidak perlu lagi menyalakan televisi untuk menonton film, membuka laptop untuk web browsing atau email, dan tidak perlu lagi membuka handphone untuk bermain games dan menjalin hubungan komunikasi. Semua fasilitas tersebut ada dalam satu benda seberat 1,5 pon dan layar 10 inchi, yaitu iPad (Stephanie, 2010: “Ketika iPad Mengubah Dunia”).
Kehadiran iPad di masyarakat memberikan pengaruh yang besar di beberapa aspek. iPad menggantikan fungsi beberapa teknologi yang sebelumnya digunakan untuk melakukan suatu aktivitas seperti komputer maupun laptop yang sudah sangat akrab di masyarakat untuk melakukan aktivitas seperti bekerja, browsing internet, mengerjakan tugas bagi pelajar, serta hiburan-hiburan lain yang biasanya dilakukan dengan komputer maupun laptop. iPad memberikan kemudahan yang lebih maju kepada masyarakat, di mana fungsi-fungsi tersebut telah ada di dalam iPad, ditambah lagi dengan aplikasi-aplikasi lain yang merupakan gabungan dari beberapa alat elektronik seperti handphone dan televisi. Kini masyarakat semakin dimanjakan dengan hadirnya sebuah teknologi baru yang memudahkan aktivitas sehari-hari.
Perancang iPad, Jonathan Ive, menyatakan bahwa iPad bukan hanya sekedar gadget yang mampu menggantikan tugas media (massa maupun baru) melainkan merupakan teknologi komputerisasi masa depan yang sesungguhnya. Apple menyadari bahwa masyarakat mulai meninggalkan PC (Personal Computer) mereka di rumah, sebentar lagi masyarakat akan meninggalkan handphone dan laptop mereka di kamar atau di mobil mereka, masyarakat hanya membutuhkan iPad untuk melakukan komunikasi dengan orang lain, mengakses data, memenuhi kebutuhan manusia akan hiburan dan melakukan transaksi barang atau jasa (Stephnie, 2010: “Ketika iPad Mengubah Dunia”).
Perkembangan iPad sendiri pun tidak terlepas dari penyempurnaan melalui beberapa teknologi yang sebelumnya telah ada terlebih dahulu di masyarakat. Dimulai dengan komputer dan laptop, munculnya iPad ini merupakan penyempurnaan dalam hal bentuk fisik, aplikasi, sampai dengan kegunaannya untuk aktivitas sehari-hari. Saat ini telah hadir iPad yang memiliki tampilan sangat menarik, tanpa keyboard, tanpa tombol apapun, hanya berupa layar yang menggunakan sistem touchscreen.

D.    Kelebihan dan Kekurangan iPad
Sebagai gadget baru yang hadir di masyarakat, tentu iPad memiliki berbagai kelebihan yang membuat alat ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Namun dengan bentuk, fitur dan aplikasi-aplikasinya yang dibuat lebih canggih dan lebih sempurna, iPad tidak bisa dihindari dari beberapa kekurangan yang masih dimiliki alat ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan iPad:

·         Kelebihan
1.      iPad berfungsi sebagai e-Book reader.
2.      iPad bisa berfungsi untuk mendengarkan musik menonton film, mengakses facebook, twitter dan kegiatan surfing di dunia maya.
3.      iPad memiliki tampilan yang menarik dengan layar the 9.7-inch LED
4.      iPad bisa dibawa-bawa kemanapun.
5.      iPad mampu bertahan selama 10 jam bahkan lebih saat digunakan untuk browsing maupun kegiatan lainnya karena daya tahan baterainya yang cukup lama.
6.      Program-program di iPad sangat cepat untuk dibuka dan ditutup. Dengan Wi-Fi, bahkan gambar streaming video tidak pernah sama sekali terhenti.
7.      iPad sangat nyaman untuk menonton video streaming karena gambarnya jernih dan tajam. iPad termasuk alat untuk menonton video streaming terbaik.
8.      Aplikasi iPad terus bertambah. iPad bisa menggunakan aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPod Touch yang sekarang sudah berjumlah ribuan.
9.      iPad bisa digunakan sebagai piranti pembaca buku elektronik.
10.  iPad telah memiliki interaksi sentuh yang sudah baik karena sudah tidak lagi menggunakan peralatan abstraksi lainnya seperti mouse, baris perintah dan punch card antara pengguna dan komputer sehingga membuat iPad sebagai perangkat yang lebih ramah manusia.

·         Kekurangan
1.      No Real Multi Tasking
 iPad tidak bisa menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.
2.      No  Support Flash
iPad tidak bisa digunakan untuk menikmati tampilan flash yang indah yang bisa dilihat pada laptop atau netbook biasa saat mengakses facebook atau blog lainnya.
3.      No SD Slot
iPad tidak memiliki konektor USB atau SD Card reader artinya SD card 16 GB tidak dapat digunakan sebagai semipermanen storage tanpa menggunakan iPad Camera. Hal ini menyebabkan tidak efisien karena harus bekerja dua kali dan harus mengeluarkan uang ekstra.  
4.      No Flash Support
iPad tidak memiliki support untuk Adobe flash. Hal ini yang paling disesali oleh banyak kalangan.
5.      No HDMI Out
iPad tidak memiliki port untuk mengkoneksikannya ke televisi. Untuk menonton video memerlukan adaptor VGA yang ditancapkan ke Dock Connector yang bisa membatasi resolusi VGA itu sendiri.
6.      No Camera
iPad tidak dilengkapi dengan kamera. Ini berarti penggunanya tidak bisa melakukan video iChat, Skype video conferencing atau bahkan tidak bisa mengambil gambar untuk diunggah ke Facebook, Flickr, Picasa dan yang lainnya.
7.      No Full HD Play Back
Ukuran video yang sekarang banyak beredar di internet adalah video yang memiliki dimensi 1.080 pixel. Maka untuk bisa menonton lewat iPad harus mengkonversi terlebih dahulu ke ukuran yang lebih kecil.
8.      No Full GPS
Fitur ini tidak bisa ditemukan pada iPad versi Wi-Fi. Namun untuk versi 3G, dapat mengoptimalkan fitur Assisted GPS dengan menggunakan koneksi dari ponsel. Data yang dihasilkan lebih akurat namun untuk memperoleh positioning information maka harus mengaktifkan koneksi selluler. Jika belum membayar mobile data,  berada di dead zone atau di area yang memiliki sinyal lemah maka dipastikan GPS dari iPad tidak dapat berfungsi.
9.      No USB Port
iPad baru bisa sync via USB hanya saat ditancapkan lewat dock connector.  iPad tidak dapat menggunakan external USB keyboard tetapi harus menggunakan USB adaptor yang dibeli secara terpisah. Selain itu untuk mengambil foto lewat kamera yang USB-enabled maka perlu menggunakan iPad Camera Connection Kit artinya jika ingin menggunakan mouse atau keyboard maka harus menginstal perangkat tambahan
10.  Jejak jari mudah untuk menempel di iPad, sehingga layar iPad mudah kotor.
11.  Ukuran display tidak terlalu besar.
12.  Baterai tidak bisa diganti.
13.  iPad merupakan alat yang pasif sehingga sulit untuk menulis atau mengedit foto.
14.  iPad kurang nyaman jika dipakai dalam posisi pengguna yang berdiri  sehingga menyebabkan alat ini harus disandarkan ketika dipakai.

PENUTUP

I.       KESIMPULAN
1.iPad merupakan gadget yang canggih dan modern sehingga sangat diminati oleh masyarakat saat ini
2. iPad memiliki berbagai aplikasi seperti safari, mail, iTunes, iPode, video,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar