Sabtu, 24 Desember 2011

OpenOffice


BAB I
PENDAHULUAN

OpenOffice Impress adalah paket OpenOffice yang berfungsi untuk membuat presentasi. Perangkat lunak ini gratis dan dapat didownload. Fitur yang terdapat di dalamnya mirip dengan Microsoft Office Power Point. OpenOffice dapat digunakan untuk memasukkan gambar, animasi, teks, dan tabel.
OpenOffice Impress atau dikenal dengan sebutan Impress saja adalah perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dan media interaktif. Presentasi akan tampak luar biasa dengan clip art 2D dan 3D, efek khusus, animasi, dan perangkat penggambar yang canggih.
Halaman Utama (Master Pages) mempermudah tugas mempersiapkan materi. Penggunaan OpenOffice bisa menghemat waktu dengan  mendownload template dari repository Extension. Sebuah jangkauan yang lengkap tentang Views adalah sudah didukung dengan Drawing/ Outline/ Slides/ Notes/ Handouts untuk mencapai semua kebutuhan dari presenter dan pendengar. Selain itu OpenOffice juga dilengkapi dengan sebuah tampilan multi-pane opsional.
Impress mendukung banyak monitor, sehingga pembicara dapat melihat sesuatu yang lain ketika mempresentasikan slidenya pada proyektor. Impress memiliki perangkat penggambar dan diagram yang mudah untuk digunakan yang memberikan nilai lebih pada presentasi. Animasi dan Efek Slide show membuat presentasi serasa hidup. Fontwork menyediakan gambar-gambar 2D dan 3D dari teks. Presentasi dapat disimpan dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti memungkinkan untuk mengakses dokumen dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung Open Document dan tidak hanya terikat pada Impress.






BAB II
ISI

A.    Perkenalan tentang OpenOffice Impress
Layar utama OpenOffice Impress terdiri dari 3 bagian, yaitu Slides Pane, Task Panel, dan Workspace. Sebagai tambahan, beberapa toolbar dapat ditampilkan atau disembunyikan ketika sedang membuat sebuah presentasi.








Gambar 1: Mengenali Bagian OpenOffice Impress
Tips:
Untuk memperlebar ruang kerja (bagian Workspace) dapat dilakukan dengan menutup bagian Slides pane atau Task pane dengan mengklik ttombol ‘X’ pada pojok kanan atas dimasing-masing bagian jendela.

1.      Slide Pan (Jendela Slide)
Bagian ini menampilkan slide-slide yang ada pada dokumen presentasi. Daftar slide yang ada ditampilkan sesuai dengan urutan yang ingin ditampilkan. Untuk fungsi-fungsi Slide Pan hampir mirip dengan fungsi pada MsOffice Frontpage. Beberapa aksi yang dapat dilakukan pada jendela slide adalah;
·         Menambahkan slide baru pada dokumen presentasi yang ada setelah slide pertama
·         Memberikan tanda pada slide tertentu agar tidak ditampilkan pada presentasi
·         Mengubah nama tiap slide di dalam dokumen presentasi
·         Menggandakan (copy) atau memindahkan (move) isi dari sebuah slide ke slide lainnya.

2.      Task Panel (Jendela Operasi)
Tasks pane terdiri dari empat bagian, yaitu Master Pages, Layouts, Custom Animations, Slide Transition. Task pane dapat diaktifkan dari menu View | Task Pane. Tasks pane menempel pada halaman paling kanan Impress. Untuk melepaskan pane ini dari halaman Impress, dapat dilakukan dengan langkah berikut :
1.      Klik kanan tombol panah bawah View pada bagian atas Tasks pane
2.      Pilih Undock Task Pane
Untuk menempelkan kembali pane ini ke halaman Impress, dilakukan dengan hal yang sama dan pilih Dock Task Pane

Master Pages
Setiap slide presentasi mempunyai sebuah slide master yang disebut dengan master page. Master pages menentukan tema dari slide, seperti warna dasar slide, background desain, ukuran dan warna teks untuk judul dan isi dari slide serta format-format teks lainnya yang diaplikasikan pada slide yang menggunakannya. Open Office Impress menyediakan beberapa template dari master page yang dapat digunakan.










Gambar 2: Master Page
Ø  Aplikasikan master page
Untuk mengaplikasikan master page, dapat dilakukan dengan langkah berikut:
1.      Pilih master page yang disediakan
2.      Klik kanan pada master page yang dipilih, tampil menu pendek :
·         Untuk meng-aplikasikan master page ke semua slide, pilih Apply to All Slides
·         Untuk mengaplikasikan master page pada slide yang sedang aktif, pilih Apply to Selected Slides
·         Untuk melihat master page lebih jelas, pilih Show Large Preview

Layout
Layout slide menjelaskan posisi teks dan elemen-elemen presentasi (objek) yang akan ditempatkan pada slide. Setiap slide presentasi dapat menggunakan layout yang berbeda. Untuk mengubah layout slide gunakan pada bagian kanan Tasks pane. Untuk memunculkan Task pane, pilih pada menu View | Task Pane.

Ø  Mengubah Layout Slide
Ada banyak tipe layout yang disediakan oleh Impress yang dapat disesuaikan dengan bentuk slide yang sedang dibuat. Untuk mengubah layout slide, ikuti langkah berikut :
1.      Pada slides pane, pilih slide yang layoutnya akan diubah
2.      Pada Task pane Layout, klik layout yang diinginkan.
Untuk layout yang memiliki elemen berupa spreadsheet, diagram, gambar atau object, maka klik dua kali pada slide untuk menambahkan elemen tersebut pada slide. Jika tidak ingin elemen-elemen presentasi ditempatkan pada slide, maka pilih layout kosong (blank layout – layout pertama)
Gambar berikut adalah jenis-jenis layout yang disediakan untuk masingmasing view.


Gambar 3: Jenis-jenis Layout

Custom Animation
Bagian ini terdapat berbagi macam efek animasi yang dapat digunakan pada setiap elemen di dalam slide.

Slide Transition
Merupakan efek pegantian slide. OpenOffice menyediakan 56 efek pergantian slide yang berbeda. Juga ada pengaturan kecepatan pergantian slide (slow, medium, fast). Dibagian ini juga untuk menentukan apakah pergantian slide secara otomatis dengan rentang (delay) waktu tertentu atau pergantian slide dengan cara manual (slide akan berganti ketika di klik).

3.      Workspace
Workspace memiliki 5 tab menu; Normal, Outline, Notes, Handout, dan Slide Order. 5 tab menu ini disebut juga sebagai View Button (Tombol Peninjau). Selain itu juga banyak toolbar yang dapat digunakan selama membuat presentasi. Untuk melihat toolbar yang tersedia klik menu View > Toolbars. Berikut fungsi bagian pada tab menu:
·         Normal View adalah tampilan utama untuk membuat slide satu demi satu. Tampilan ini digunakan untuk merancang slide dan memberikan teks, gambar, dan efek animasi.








Gambar 4: Normal View pada Workspace

·         Outline View menampilkan judul topik, list bullet, dan list nomor untuk tiap slide yang ada pada format outline. Gunakan modus outline untuk mengatur ulang urutan slide, mengedit judul dan heading, dan mengatur urutan item-item yang ada didalam list, dan juga untuk menambahkan slide baru.










Gambar 5: Outline pada Workspace

·         Notes view untuk menambahkan catatan pribadi pada tiap slide namun tidak akan ditampilkan pada presentasi








Gambar 6: Notes View pada Workspace

·         Slide sorter view menampilkan thumbnail dari tiap urutan slide. Gunakan tampilan ini untuk mengatur urutan slide, menciptakan slide show, atau mengatur animasi perpindahan antara slide yang satu dengan yang lain.




Gambar 7: Slide Order View pada Workspace

·         Handout view digunakan untuk mencetak slide dalam bentuk kertas. Dengan ini dapat mengatur satu halaman terdiri dari satu, dua, tiga, empat, lima, atau enam slide. Pengaturan pada Task Pane > Layouts.













Gambar 8: Handout View pada Workspace

Langkah Untuk mencetak handout:
1.      Pilih menu File > Print atau [Control +P] untuk membuka jendela dialog print
2.      Pilih Option pada bagian pokok kiri bawah dari jendela dialog print
3.      Beri tanda cek (√) Handouts pada bagian Contents. Hilangkan tanda cek pada bagian
4.      lainnya. kemudian klik OK
5.      Klik OK untuk menutup jendela dialog

B.     Langkah-langkah Penggunaan OpenOffice Impress
1.      Membuat Presentasi
Menggunakan Presentation Wizard
1.      Dari Start Menu Application, pilih OpenOffice Impress 
2.      Apabila sebelumnya telah membuka OpenOffice apa saja, maka klik segitiga kecil di    samping icon new, selanjutnya pilih Presentation


                                                                                    

Gambar 9: New Presentation
3.      Pada saat memulai pertama kali OpenOffice Impress, Wizard akan muncul. Untuk melewati wizard dengan langsung maka dilakukan dengan mengklik Create, atau mengikut wizard yang disediakan langkah demi langkah dengan mengklik tombol Next.






Gambar 10: Wizard Pertama

Memilih Template yang tersedia.







Gambar 11: Wizard kedua memilih Template

Selanjutnya menentukan efek pergantian slide.








 







Gambar 12: Memilih Animasi

Selanjutnya penggunaan OpenOffice Impress hampir sama dengan penggunaan Microsoft Office PowerPoint biasa.

2.      Memasukkan Teks dan Gambar
Teks mudah dimasukkan ke dalam OpenOffice. Cukup menekan teks yang ada pada kotak tulisan dan judul. Untuk memasukkan gambar tekan Insert > Picture > From File.., kemudian pilih file gambar yang akan dimasukkan, terakhir tekan Open.







Gambar 13: Jendela Memasukkan Gambar

3.      Memasukkan Video dan Suara
Penyajian presentasi mungkin akan membutuhan video atau suara sebagai bukti data kualitatif. File-file tersebut dapat dimasukkan ke dalam OpenOffice. Cara untuk memasukkan presentasi adalah tekan Insert > Movie and Sound. Kemudian pilih suara atau video, tekan Open. File suara  atau video akan muncul ketika menjalankan slide.







Gambar 14: Jendela Video dan Suara

4.      Mengubah Ukuran Gambar
Setelah memasukkan gambar terkadang ukuran gambar terlalu kecil atau terlalu besar. Untuk mengubah ukuran gambar sangatlah mudah. Caranya adalah klik gambar, kemudian pada bagian sisi-sisi atau sudut gambar ubahlah ukurannya dengan klik kiri tahan kemudian ubah sesuai dengan ukuran yang diinginkan.








Gambar 15: Mengubah Ukuran Gambar

5.      Mengubah Jenis dan Ukuran Font
Untuk mengubah jenis dan ukuran font caranya adalah dengan memilih tulisan yang ingin diubah. Kemudian pada bagian tools bar atas, pilih jenis dan ukuran font.

Gambar 16: Tools Bar Jenis dan Ukuran Font

6.      Menambahkan Template Baru
Secara default OpenOffice hanya menyertakan 4 template biasa. Agar tampilan presentasi dapat lebih menarik, maka dapat ditambahkan template-template baru dan selanjutnya dimasukkan kedalam template OpenOffice. Untuk menambahkan template ada 2 cara, yaitu:
1.      Dengan mengkopikan semua isi template yang telah didownload ke folder /home/[nama_user]/.openoffice/user/template. Secara otomatis file template tersebut akan terbaca pada OpenOffice Impress, bagian Task Pane > Master

2.      Memilih menu file > Template > Organize kemudian klik Commands > Import Template. Pilih semua template yang telah didownload sebelumnya. Semua template yang telah dimasukkan akan ada didalam folder My Templates







Gambar 17: Menambahkan Template baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar